Ultimate magazine theme for WordPress.

RUTE PERJALANAN KE SITUS MEGALITIKUM POKEKEA DI LEMBAH BESOA SULAWESI TENGAH

Situs Tertua Di Asia Tenggara Berusia ±2.600 SM

Situs Megalitikum Pokekea atau Pokekea Megalithic Site terletak di Lembah Besoa (Behoa) Desa Hanggiri Kecamatan Lore Tengah Kabupaten Poso Propinsi Sulawesi Tengah.

Dari hasil penelitian oleh berbagi lembaga kredibel dalam dan luar negeri, situs Pokekea di perkirakan di buat antara tahun 2.500 SM sampai dengan 2.700 SM atau ±4.600 tahun yg lalu. Hingga saat ini, situs Pokekea dinyatakan sebagai situs megalitikum tertua di Asia Tenggara.

Untuk berkunjung ke situs Pokekea, bisa di tempuhi dengan rute perjalanan dari Kota Palu – Palolo – Dongi Dongi – Lembah Napu – Desa Watutau – Lembah Besoa – Desa Bariri – Desa Hanggiri. Perjalanan bisa di tempuhi antara 5 jam sampai 7 jam dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Akses jalan dari Kota Palu hingga ke Lembah Napu lumayan baik. Sementara dari Lembah Napu ke Lembah Besoa, jalanan berkelok-kelok, sempit dan berlubang di banyak titik. Bila mobil berpapasan, maka salah satunya harus menepi terlebih dahulu.

Meski akses agak sulit, tapi semua itu akan terbayar dengan indahnya pemandangan alam di sepanjang perjalanan. Hamparan hehijauan Taman Nasional Lore Lindu sungguh indah dengan latar perbukitan dan pegunungan Nokilalaki sebagai gunung tertinggi di Sulawesi Tengah. Pun kita bisa singgah istirahat sejenak untuk menikmati indahnya padang ilalang Lembah Napu setelah menempuhi perjalan 2,5 jam dari Kota Palu.

Selain bersejarah, Situs Megaltikum Pokekea juga menawarkan pemandangan alam dan suasana yang indah luar biasa dan pastinya dengan udaranya yang sejuk. Rugi rasanya bila ke Palu tapi tudak berkunjung ke Situs Megalitikum Pokekea di Lembah Besoa.

Bila butuh bantuan atau guide atau teman untuk berkunjung, jangan khawatir, Anak-anak JALATRI KBP (Jelajah Alam Santri Kampung Berkah Pasigala) siap membersamai anda menelusuri dan menjelajahi Lembah Besoa. Oh iya, di Lembah Besoa bukan hanya ada Situs Pokekea, tapi juga ada situs Megalitikum Tadulaku dan beberapa situs lainnya.

 

Untuk anda yang suka camping, hmmm, lokasinya sangat indah untuk camping. Bila tak punya perlengkapan camping, Anak-anak JALATRI KBP (082344880088) pun bisa menyiapkannya untuk anda.

Mari berkunjung ke situs megalitikum Pokekea yang bersejarah dan indah.

#pokekea #pokekeamegalithsite #lembahbesoa #loretengah #poso #sulawesitengah #indonesia #prasejarah #purbakala #ceritapakda #nrdaeng #pakda #jelajahalamsantri #kampungberkahpasigala #jalatri #jalatriKBP #explore #tamannasionallorelindu

Komentar
Loading...