Ultimate magazine theme for WordPress.

Menentukan Harga Diri

Menentukan Harga Diri

Si A seorang kontraktor di kota Anu. Si A memenangkan tender proyek di kota anu senilai 50 Milyar. Untuk memastikan proyek itu siap di eksekusi, si A sisa membutuhkan restu berupa tanda tangan dari si B yg merupakan Walikota anu.

Maka menghadaplah si A kepada si B dan menyodorkan kepada si B selembar kertas untuk di tanda tangani.

Mendapati selembar kertas itu, si B hanya diam tanpa ekspresi. Lalu si A mengeluarkan uang merah 5 ikat. Si B kali ini mulai menampakkan ekspresi, tapi ekspresi nya hanya sebatas geleng kepala. Si A kembali mengeluarkan tambahan 5 ikat menjadi 10 ikat, si B kembali menggelengkan kepala sambil mengankat telunjuk lalu menggeralkannya ke kiri dan kekanan.

Si A kemudian berkata.. “Maaf bapak, sy hanya membawa ini.. 100 jt.. Tp klo bapak menandatanganinya skrg, besok sy bawakan 900 jt menjadi 1 Milyar”.

Si B lalu manggut-manggut, sesungging senyum muncul di wajahnya.

“Begitu dong.. Kan enak klo begini.. Kita ini harus bisa saling menghargai posisi masing-masing. Sy ini Walikota, tanda tangan sy mahal”. Kata si B sambil menandatangani lembaran kertas.

Beberapa waktu kemudian

Seorang kontraktor lain, si C bertamu ke kantor si A.
“Bro, klo sy bertemu Walikota ngurus proyek, harga dirinya si Walikota berapa bro?”
“Siapkanlah 1 M bro!”.

Dalam pemisalan pada kasus ini, harga Diri Walikota di angka 1 M. Yg nentuin siapa? Ya dirinya sendiri sesuai penilaian dirinya sendiri dalam memberikan label harga pada dirinya.

Ada juga yg begini. Seorang karyawan, tarolah si D di suruh atasan untuk belanja barang kebutuhan kantor. Anggaplah skala kecil. Cetak baliho 100 lembar ukuran 1×2 untik sosialisasi program kepada public.

Maka si D ke percetakan, lalu menanyakan harga satuan setiap lembar. Dan di dapatkan harga 70 rb perlembar. Deal, tapi ada kesepakatan di antara mereka, untik transaksinya menggunakan nota kosong.

Si D kemudian melapor ke pimpinan di kantor.

“Bos… Sudah sy cetak.. Perlembar 80 rb.. Nanti sekalian sy lampirkan notanya dari percetakan”.

Hmm.. Si D mendapatkan 10 rb perlembar yg bila di kalikan 100 lembar, si D dapat 1 jt.

Pertinyiinnyi..
1. Apakah si B dan D untung?
2. Berapa harga diri si D, 10 rb atau 1 juta?
3. Berapa harga dirimu? Bisakah di beli?

#NRD05082021

Komentar
Loading...