Ultimate magazine theme for WordPress.

Agama dan Kemanusiaan

Klo orang Gereja yang datang, maka sasaran mereka mendistribusikan bantuannadalah hanya jema’at gereja. Begitupun klo yang datang berbagi dari mereka berbendera Masjid, maka yang di bagikan juga hanya kepada yang Muslim atau Muallaf.

Maka klo yang datang dari Gereja, warga yg Muslim atau Muallaf hanya bisa melihat-lihat dari jauh. Begitupun bila yg datang adalah berbendera Islam, maka yg Kristen hanya bisa menelan air liur.

Saudaraku sebangsa yg Kristen jangan marah yah, pun begitu saudaraku yang seiman dalam Islam juga jangan marah. Karena yg sy tuliskan diatas adalah Fakta.

Ya, sy dan tim relawan PRI sering mendapatkan protes dari kedua kubu masyarakat.

“Kenapa hanya yg Kristen yg di bagi, padahal kita sama-sama lapar”.

“Kenapa hanya yg Muslim yang di kasih, nah kita sama-sama butuh bahan makanan”.

Waduh, kan ribet njawabnya..

Jadi, akhirny kami hanya bisa menjawab :

“Bapak, ibu, saudaraku. InsyaAllah bila rompi merah PRI yg mendistribusi di Kampung ini setiap pekan, maka seluruh warga kita pastikan akan mendapatkan bantuan yg sama. Bila Keluarga yg Muslim dapat 5 Kg beras, 5 sabun mandi, 1 odol, 1 sabun cuci, dan lainnya, maka yg setiap Keluarga yg Kristen juga akan mendapatkan hal yg sama. Kami datang kesini 2 hari setiap pekan untuk membantu tanpa membedakan. Karena ini perjuanhan kemanusiaan. Kami memang Muslim, tapi InsyaAllah berpegang teguh pada ajaran Nabi Muhammad, Bila seorang manusia membunuh seorang manusia lainnya maka ia sama saja membunuh seluruh ummat manusia. Bila di komparasikan dengan lapar, maka bila ada seorang manusia di biarkan kelaparan dan kehausan itu sama saja dengan membiarkan lapar dan haus seluruh ummat manusia. Kami pun di sini hanya mengajari anak-anak yg Muslim untuk mengaji, yg Kristen tentu tdk kami ajar mengaji. Tapi untuk games dan berbagi ceria dengan anak-anak, maka seluruhnya kita ikutkan tanpa terkecuali. Karena kami meyakini, seluruh anak-anak di sini adalah adik-adik kami semuanya. Adik-adik penerus generasi bangsa tanpa terkecuali. So bapak ibu, tdk perlu khawatir. Rompi merah PRI tdk akan membedakan perlakuan akan kemanusiaan kepada seluruh warga”.

Mari kita belajar menjadi lebih baik, tanpa menyalahkan, tanpa merendahkan. Mari bergerak bantu sesama sesuai cara kita masing-masing. Tentu dalam koridor cara yg berakhlak dan berkeadaban.

Catatan ini bukan untuk mengkritik, tapi untuk menjadi pengingat agar kita semakin bejaksana. Berbagi tanpa menyakiti. Berbagi tanpa menyebabkan perpecahan. Bila harus tertutup, maka gunakan ruang tertutup. Bila harus terbuka, gunakan ruang terbuka.

Agar tak ada air mata dan senyum tawa di saat bersamaan dari 2 keluarga yg bertetangga, 2 anak yg bersahabat.

#NRD #ParaRelawanIndonesia #KampungBerkah

Komentar
Loading...