Ultimate magazine theme for WordPress.

Buang-buang Uang 400 Milyar di Pulau Galang

Adakah di antara sahabat medsos yang tau klo Pemerintah Indonesia telah membangun rumah sakit khusus dengan kapasitas 1000 tempat tidur untuk pasien positif Covid-19?

Mengambil tempat di Pulau Galang Riau, atau dekat-dekat dari Batam. Bekas lokasi penampungan pengungsi vietnam. Disitulah rumkit khusus covid-19 itu di bangun sejak awal maret 2020 dan tuntas pembangunannya di awal april 2020. Di bangun dengan biaya Rp. 400 Milyar. 400 Milyar ini hanya untuk konstruksinya lo, blom utk pengadaan alat dan kelengkapan lainnya.

Klo saya tak salah data, ada 241 orang tenaga nakes yg saat ini di tugaskan di sana. Dan klo sy masih tdk salah , per 2 Mei 2020, jumlah pasien covid yg di rawat di sana jumlahnya 34 orang.

Dari data di atas, maka sangat mudah kita bertanya.. Kenapa harus di bangun dengan cara kilat dengan biaya besar bila hanya mau di tempatkan di sana , di salah satu pulau kecil di kepulauan Batam. Apakah efektif? Apakah justru tak buang-buang duit?

Covid telah menyebar di Jakarta, semarang, Surabaya, Makassar, dan daerah lainnya di Indonesia. Bahkan kini di seluruh propinsi dengan persebarann nyaris di seluruh Kab/kota. Lebih dari 10 ribu yg di nyatakan positif terjangkit. Angka 10 ribuan ini adalah angka yg sudah di periksa swabnya, blom termasuk yg sampel dahaknya menumpuk mengantri utk di periksa yg mungkin jumlahnya beberapa kali lipat.

Dengan persebaran yg begitu luas, akhirnya RS khusus Corona di Pulau Galang akan segera menjadi bangunan-bangunan baru yg terlantar. Mungkin 5 bulan kedepan akan berubah menjadi kompleks rumah sakit tak berpenghuni alias penghuninya adalah pada hantu. Ihh ngeriii.. Hehehe

Ya, Pembangunan dan penempatan RS Corona di Pulau Galang akhirnya menjadi seperti pekerjaan sia-sia, dan buang uang sia-sia. Karena saat si kopit terus menyebar ke penjuru Negeri, RS khusus Corona di Pulau galang dgn 1000 tempat tidurnya masih kosong melompong.

Apa kabar faskes, balai pelatihan negara, dan fasilitas lainnya yg kini di renov besar-besaran dengan biaya milyaran untuk menangani pasien covid dgn biaya besar tapi masih kosong melompong itu?

Jangan main curang di tengah pandemi. Karena itu berarti kamu jahat, kamu tak berprikemanusiaan.. Kamu tak Pancasilais..

#NRD

***
Referensi RS CORONA Pulau Galang :

34 Pasien Positif Covid-19 Dirawat di RS Darurat Pulau Galang – Kompas.com – https://nasional.kompas.com/read/2020/05/02/12543071/34-pasien-positif-covid-19-dirawat-di-rs-darurat-pulau-galang

https://bisnis.tempo.co/read/1330977/waskita-karya-tuntaskan-fasilitas-untuk-rs-corona-di-pulau-galang
https://m.detik.com/news/berita/d-4981944/ini-denah-rs-corona-pulau-galang-yang-dibangun-dengan-anggaran-rp-400-m
Komentar
Loading...