Ultimate magazine theme for WordPress.

CORONA ; Adzab atau bukan?

CORONA
Adzab atau Bukan?

Bagi mereka yg marah dgn China karena 3 hal yaitu pertama karena investasi China yg tidak adil di Negeri ini, dan yg kedua karena kejamnya China terhadap bangda Uighur dan Tibet, serta yang ketiga perilaku mereka yg mengkomsumsi segala macam jenis binatang, Maka mereka yg marah ini akan cenderung mengatakan Corona adalah Azab yang di turunkan Allah kepada bangsa China.

Apakah penilaian itu salah?, gak!. Karena penilaian itu bisa jadi adalah benar.

Tapi, bila ada yg bependapat bahwa kita harus memisahkan antara urusan dan kepentingan politik, bisnis, ekonomi, agama, dengan kepentingan akan kegentingan kemanusiaan, juga adalah benar, meski blom pasti juga terbebas 100% dari kesalahan.

Hari-hari ini ada puluhan juta rakyat China yg sedang terancam terpapar virus Corona. Mereka tak bisa kemana-mana setelah pemerintah China menutup akses keluar maupun akses hilir mudik warga di puluhan kota dan wilayah. Bandara di tutup, akses tranportasi kereta api, terminal bus, pom bbm, di tutup. Kota-kota serupa tak berpenghuni.

So, apa yg harus kita lakukan? Tdk ada selain berdo’a dan berikhtiar semoga virus Corona tdk sampai menyebar di Negara kita. Selain itu tentu saja boleh mengeluarkan statement tentang Corona di China, tp alangkah baiknya bila statement kita ke ruang publik bernuansa positif. Boleh saja anda berpendapat bahwa itu adalah azab, tp cukup itu utk diri sendiri. Boleh saja anda marah, tp jangan kemarahan itu menjadikan kita kehilangan jati diri sebagai manusia yg beradab.

Ya, di China saat ini adalah puluhan juta manusia yg sedang gelisah, hidup tak tenang, mungkin juga sebagian besarnya sedang kesulitan makan minum.. Mereka itu manusia, sama dgn kita. Maka selayaknya kita bersikap dgn bijaksana. Memanusiakan manusia.

Bila toh mereka di adzab, maka cukuplah adzab itu di timpakan kepada Pemerintahannya saja yg begitu pongah dgn kekuatan ekonomi dan militernya. Meski banyak praduga dan prasangka akan berbagai teori konspirasi dunia. Tp, sudahlah, itu tak penting utk kita.

Intinya, mari memanusiakan manusia. Kita doakan semoga wabah virus Corona ini segera berlalu dan semua bisa belajar dari peristiwa ini. Dan tentu saja jauh di lubuk hati, semoga rakyat china yg jumlahnya sangat besar itu tertunjuki hidayah kebenaran. Bila tak bisa seluruhnya yg berjumlah 1,6 Milyar orang, cukup setengahnya. Bila itu tak bisa, cukup 1/10 nya. Bila. Tak bisa cukup yg sedang gelisah diterpa Corona. Bila tak bisa, cukuplah sebahagian kecilnya saja. Mungkin 10 atau 100 atau 1000 orang.

#NRD

Komentar
Loading...