Ultimate magazine theme for WordPress.

Kemanusiaan, Tragedi Wamena, Tak Sederhana!!!

#Kemanusiaan #TragediWamena
Tak sesederhana yg di bayangkan

Hari ini terjadi konflik di Wamena, gerakan membunuh dan mengusir para pendatang (istilah di Papua utk warga non OAP – Orang Asli Papua) oleh sekelompok orang yg di tengarai dilakukan oleh OPM dan KNPB beserta turunan-turunannya sedang terjadi.

Puluhan nyawa pendatang dari Sulsel, Sulut, Minang, Jawa, telah melayang dgn cara keji tak berprikemanusiaan. Bukan hanya itu, Harta benda mereka pun di luluh lantahkan dengan cara di bakar. Api, asap, serta jerit manusia bercampur menjadi satu. Wajah-wajah ketakutan ribuan warga pendatang yg berjubel-jubel mengungsi di markas Kodim, Polres dan Bandara Wamena. Hanya ada satu kesyukuran yg terucap ketika mereka saling bertatap mata “Alhamdulillah, Puji Tuhan, kita masih selamat hingga saat ini”.

Ada 5.000an jiwa pendatang yg saat ini sedang mengantri menunggu pesawat utk keluar dari Wamena. Antrian yg akan sangat panjang karena kini tak ada pesawat komersial yg berani mendarat di Wamena. Satu-satunya pesawat yg tersedia adalah Hercules TNI AU dgn frekuensi penerbangan sangattt terbatas.

Anggaplah kemudian 5000 an pendatang ini berhasil di evakuasi dari Wamena hingga bbrp pekan ke depan. Pertanyaan besar kemudian muncul, apakah bencana kemanusiaan akan berakhir di Wamena?

Jawabannya, Tidak!..

Justru bencana kemanusiaan yg jauh lebih besar akan melanda masyarakat Wamena Kab. Jaya Wijaya dan bbrp kabupaten yg bertetangga. Sebabnya adalah para pendatang yg jumlahnya ribuan itu adalah penggerak perekonomian di Wamena dan sekitarnya.

Kini para penggerak ekonomi itu sudah, sedang dan akan meninggalkan Wamena beserta puing-puing tempat usaha mereka yg telah di bumi hanguskan. Maka hampir bisa di pastikan gerak perekonomian di Wamena dan sekitarnya akan lumpuh total. Blom lagi pelayanan pemerintah juga akan tertatih-tatih karena kantor-kantor Pemerintah daerah sebagian besar juga ikut di bakar.

Kelaparan, anak-anak tak sekolah, layanan kesehatan lumpuh, dan berbagai problem lainnya akan menjadikan Wamena dan sekitarnya dalam situasi bencana kemanusiaan yg jauh lebih dasyat !!!.

Sudut pandang kemanusiaan dari bukit Poi Popa Pasigala.

Komentar
Loading...