Ultimate magazine theme for WordPress.

Kita Orang Semua Bersaudara

Silahkan pilih sesuai derajat persaudaraannya masing-masing, yang pasti tak 1 pun manusia yg lepas dari persaudaraan.

IMG-20190828-WA0039

Bila tak bersaudara karena sedarah, maka kita bersaudara karena se suku atau se etnis. Bila masih belum, maka kita bersaudara karena sebangsa setanah air.

Bila tidak sebangsa setanah air maka kita bersaudara karena seiman sekeyakinan. Bila juga belum bersaudara dalam iman dan keyakinan, maka kita bersaudara dalam kemanusiaan.

Bila ada yg mengingkari persaudaraan, pun sesiapa saja yang merendahkan derajat dan martabat sesamanya manusia, maka sesungguhnya ia telah ingkar terhadap keasasiannya sebagai manusia. Karena bersaudara itu fitrah atau asasi bagi manusia.

Allah Ta’ala, Tuhan Yang Maha Esa dan Kuasa Berfirman:

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”. (Qs. al-Hujurat: 13)

Bila ingin belajar bagaimna kemanusiaan di junjung tinggi dalam suatu sistem pengelolaan terbaik adalah contohlah apa yg telah di teladan kan oleh Rasulullah Muhammad SAW saat berhijrah di Madinah. Rasulullah membangun peradaban madani yg paripurna dgn memperlakukan setiap manusia di Madinah dgn setara tanpa membedakan agama, suku dan ras. Seluruhnya di ajak duduk bersama untuk bermusyawarah tentang hak dan kewajiban masing-masing serta norma-norma yg saling mengikat satu dengan lainnya, bukan hanya terkait norma kehidupan sehari-hari tapi juga bahkan terkait keamanan dan pertahanan.

Sesungguhnya kemanusiaan hanya akan kalah dan terkoyak oleh keserakahan dari 1 orang atau sekelompok atau segolongan manusia utk menguasai 1 orang atau segolongan atau sekelompok manusia lainnya. Yup, dengan alasan apapun..

NRD – Dir. Eksekutif
Para Relawan Indonesia
Berjuang Bersama Bergerak Berbagi.

Komentar
Loading...