Ultimate magazine theme for WordPress.

Hentikan Bencana Kemanusiaan di Nduga Papua

Bencana Kemanusiaan di Nduga Papua.

 

Konflik bersenjata, apapun alasan atau motifnya, maka yang pertama yg akan menjadi korban adalah masyarakat umum yg tak bersalah dan tak mengerti apa-apa. Dan inilah yg terjadi saat ini di Kab. Nduga Papua.

Kabar terakhir, ribuan jiwa mengungsi serta sdh lebih seratus orang yg meninggal karena kelaparan di lokasi pengungsian darurat yg tersebar di berbagai titik di Nduga baik itu di hutan maupun di perkampungan. Mereka dgn terpaksa mengungsi karena takut menjadi korban konflik yg melibatkan Separatisme TPNPB dan aparat TNI/POLRI.

Inilah nasib rakyat Nduga yg serba salah. Ibarat makan buah simalakama. Ikut para gerombolan Pemberontak salah, ikut Pemerintah RI juga salah. Saban hari mereka di datangi oleh masing-masing pihak, dan kira-kira terjadi dialog yg tak setara seperti ini :

Hari di mana Pemberontak TPNPB datang dan mengunpulkan warga sambil mengacung-acungkan AK 47 dan panah : “Ada TNI tadi lewat sini? Awas e, jangan kalian ikut mereka.. Sy tembak kepala ko semua klo macam-macam.. Jangan jadi pengkhianat bangsa Papua… Jangan ada yg bantu aparat-aparat Indonesia itu.. Kitorang nanti datang lagi kesini..”

Hari di mana TNI/Polisi datang berpakaian loreng lengkap sambil menenteng senjata SS : “Siapa di sini yg jadi mata2 pemberontak.. Awas e.. Jangan ko bantu mereka itu.. Mereka itu pengkhianat NKRI.. Siapa yg bantu pemberontak berarti pemberontak juga..”.

Ini contoh sederhana saja.. Tp sy pastikan kata dan bahasa, gekstur, dan tingkah polah yg mereka perlihatkan jauh lebih menyeramkan dan menakutkan bagi rakyat yg tak berdosa… Blom lagi bila sdh ada rentetan senjata yg menyalak atau anak panah yg beterbangan.. Atau saat honai yg menjadi hunian mereka di bakar sebagai tanda peringatan…

Itulah nasib mereka, di hantui rasa takut yg luar biasa.. Akhirnya memilih meninggalkan kampung di pegunungan untuk merasakan yg namanya sedikit rasa nyaman dan aman.. Tp yg mereka dapatkan justru bencana ketakutan berubah menjadi bencana kelaparan… Ya bencana kemanusiaan kini sedang terjadi di Nduga Papua.. Akses yg sulit, serta keamanan yg rawan membuat bala bantuan sulit untuk di distribusikan ke lokasi bencana..

Wahai engkau yg sedang berkonflik, sudahilah.. Mari menahan diri… Tempuhilah cara yg lebih soft… Tidakkah hatimu bersedih dan menangis melihat saudaramu meregang nyawa perlahan-lahan dgn cara ketakutan dan kelaparan?!

#PrayForNduga
#KitaSemuaManusiaYangSama
#KitaOrangSemuaBersaudara

Komentar
Loading...