Ultimate magazine theme for WordPress.

Nining Suryani, Guru SD Bergaji 350.000/Bulan Dan Tinggal di WC Sekolah.

nining-suryani-mengajar-dalam-salah-satu-ruang-kelas

Namanya Nining Suryani, Usia 44 Tahun, Guru dengan status Honorer dengan masa mengajar 15 tahun di SD Negeri Karyabuana 3, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Gaji perbulan Rp. 350.000,-, belum punya rumah dan sehari-hari tinggal di WC sekolah yang telah di sulap menjadi kamar tidur kecil. Anda tau berapa luas wc standar sekolah? Ahhh… Sudahlah… Membayangkannya saja rasanya sudah perih hati ini..

Bro.. Sis… Gaesss… Ibu Nining hanyalah potret kecil dari kondisi pendidikan di negeri kita, serupa dengan fenomena gunung es, yg kelihatan hanya kecil di segitiga puncaknya, sementara yg lainnya dgn jumlah yg lebih besar dan banyal tak terlihat karena terbenam di bawah laut.

images (1)

Sy dgn teman-teman dan mungkin juga anda sering menyaksikan kondisi yg jauh lebih memprihatinkan… Sekolah reot tak berdinding, tak berlantai, atap bocor, dll… Ada guru yg bergaji Rp. 250.000/bulan, ada yg bahkan hanya Rp. 100.000,-.. Heiii, bahkan ada yg sama sekali tak bergaji padahal ngurusi siswa 3 s/d 6 kelas..

Jangan di tanya berapa tahun pengabdian mereka… 5 tahun, 10 tahun, bahkan ada yg 20 tahun..

Lalu.. Apakah kita berharap Pemerintah datang utk memberi batuan?.. Tentu saja, karna itu adalah kewajiban pemerintah.. Tentu saja, karena itu adalah hak setiap guru utk be penghasilan yg lebih baik… Tentu saja, karena hak setiap anak bangsa utk bersekolah di tempat yg lebih layak.. Tentu dgn 1001 alasan lainnya..

Tapi… Mengapa begitu, seolah tak mendapat perhatian pemerintah.. Mari berprasangka positif, mungkin saja pemerintah terlalu sibuk mengurusi bangsa yg besar ini, dan mungkin saja ada masanya pemerintah mengurusi mereka….

Yg pasti bahwa sy sering berseloroh begini ke teman-teman…

“AYOO GAISS. JANGAN BERPANGKU TANGAN.. MARI KITA URUSI HAL-HAL YG PEMERINTAH BELUM SEMPAT URUSI ATAU YG MASIH TERLALAIKAN OLEH PEMERINTAH.. KLO PEMERINTAH SUDAH MENGURUSINYA, MAKA KITA BERGESER MENGURUSI YG MASIH TERLALAIKAN LAINNYA”.

Para Relawan Indonesia, dan seluruh komunitas pejuang lainnya, mari bersinergi, mari bergerak serupa sapu lidi.. Berjuang Bersama Bergerak Berbagi !!!

POTRET || Catatan subuh Nur Rajadaeng (D.E PRI – Direktur Eksekutif Para Relawan Indonesia || Founder OB Foundation)

Komentar
Loading...