Ultimate magazine theme for WordPress.

Para Relawan Indonesia Selenggarakan MUKERNAS dan Pelatihan Kerelawanan di Pucak Maros

FB_IMG_1563125528747

Para Relawan Indonesia (PRI) selenggarakan Musyawarah Kerja Nasional (MUKERNAS) pertama di Kampung Arra Desa Pucak Kabupaten Maros pada hari sabtu hingga ahad, 13-14 Juli 2019. Mukernas di laksanakan dengan tema “Para Relawan Berjuang Bersama Bergerak Berbagi” sebagai upaya mewujudkan visi PRI sebagai lembaga kerelawanan Indonesia yang professional dan mendunia yang siap sedia menebar kebaikan, kemanfaatan dan kemaslahatan untuk kemanusiaan dan keummatan.

“Pada pelaksanaan Mukernas PRI yang pertama ini, telah menjadi momentum silaturrahim dan konsolidasi para member relawan PRI sekaligus telah sukses merumuskan hal-hal yang sifatnya strategis untuk gerak perjuangan PRI kedepan dalam bentuk program kerja yang lebih runut, terstruktur dan sistematis serta massiv”. Kata Nur Rajadaeng, Direktur Eksekutif PRI.

FB_IMG_1563125535582

“Alhamdulillah, meski PRI baru berusia seumur jagung karena berdiri belum cukup setahun, tapi kerja-kerja kerelawanan untuk kemanusiaan di berbagai daerah khususnya yang tertimpa bencana telah di lakukan. Di Palu Sigi Donggala, Banjir Makassar, Longsor Gowa, Tsunami Banten, Banjir Soppeng, Banjir Dolo Selatan, Banjir Konawe, dll, para relawan telah massiv mengambil peran dengan terlibat secara langsung dengan menurunkan tim relawan. Bahkan di Pasigala, PRI tidak hanya terlibat pada masa tanggap darurat maupun pra recovery, tapi PRI bahkan terlibat lebih jauh ke tahap recovery pasca bencana dengan membangun Kampung Berkah Pasigala (KBP) di lahan seluas 2 hektar. KBP adalah suatu pemukiman pengungsi terpadu yang mandiri dan terintegrasi dengan berbagai macam fasilitas edukasi, spiritual dan entrepreneurship. Semua aktifitas itu masih di lakukan secara sporadis, nah kedepannya tentu saja dengan kerja-kerja organisasi yang tersusun rapi dari hasil Mukernas ini, peran-peran PRI utk kemanusiaan dan keumatan akan lebih luas dan besar”. Lanjut Nur Rajadaeng yang juga adalah ketua dewan Pendiri PRI Panjang lebar.

Data dari panitia pelaksana, Mukernas PRI di hadiri oleh 60 an peserta dari berbagai wilayah se Indonesia. Di tempat yang sama, pada hari kedua Ahad, 14 Juli 2019, juga telah di laksanakan Pelatihan Dasar Kerelawanan Pertolongan darurat dan Evakuasi Medis (PDK PDEM) angkatan pertama PRI. Kegiatan ini di ikuti oleh member PRI Se Sulawesi Selatan. PDK PDEM di maksudkan untuk memberi bekal pemahaman dan keterampilan dasar kepada para member PRI dalam menangani keadaan darurat medis baik saat mengemban tugas sebagai relawan di lapangan maupun saat mereka di perhadapkan pada situasi darurat dalam kehidupan sehari-hari. Hadir pada pelatihan PDK PDEM PRI selaku pembicara utama adalah Ketua Dewan Pembina PRI Dr. Hisbullah Amin, SpAn.KIC.KAKV dan Sahruna Madjid S.kep,Ners.

IMG_20190714_124620

Pada momentum pelaksanaan Mukernas dan Pelatihan Dasar Kerelawanan PRI di Pucak Maros ini, juga sekaligus menjadi ajang perkenalan pengurus baru Badan Pengurus Nasional Para Relawan Indonesia (BPN PRI) Periode 2019-2021 yang bersekretariat pusat di Kota Makassar.

***
Tim Media BPN PRI

Komentar
Loading...