Ultimate magazine theme for WordPress.

TERISOLIR ; Laporan Tim Care And Rescue PRI Untuk Banjir Konawe

TERISOLIR ; Saat 1 Bungkus Mie Instan Di Makan Berdelapan Orang.

IMG-20190621-WA0038

Setidaknya Ada 4 desa yg benar-benar terisolir di Kecamatan Pondidaha Kab. Konawe Sulawesi Tenggara. 3 diantaranya betul-betul nyaris tenggelam dan 1 terisolir krn keadaan desa yg di kepung Air dr semua sisi

Itu yg baru kami kunjungi, masih ada beberapa desa lagi yang ketinggian airnya mencapai 2 meter sampai 3 meter membuat kami yg berkunjung hanya bisa geleng-geleng kepala, miris, sedih dan tertegun. Kenapa tidak, di poros jalan bahkan di ibukota kondisi sudah sangat normal, bahkan hanya tersisa genangan air yg motor pun sdah mampu melewatinya.๐Ÿ˜‡

Tp ketika kami menuju desa-desa yg terisolir itu, hamparan air layaknya hamparan laut lepas, yg terlihat hanya pucuk-pucuk pohon sawit. Bisa di bayangkan berapa rata-rata tinggi pohon sawit ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข yang sudah berproduksi. Bahkan sama sekali tak ada tanda-tanda bahwa genangan air itu adalah air tawar (di kira lautan)๐Ÿ˜“๐Ÿ˜“.

Penduduk desa SULEMANDARA ( desa yg hanpir tenggelam) berkisah, mereka pada saat itu hanya di beri waktu 1 jam utk mengungsi,๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข tak dapat menyelamatkan yg lain hanya baju di badan dan menghitung anggota keluarga yg ada, ketakutan dan kesedihan, histeris krn 1 jam seolah berubah menjadi 1 menit, yahh… menit-menit terakhir utk bagaimana bertahan menyelamatkan diri dr air bah.
Kisah yg sama di ceritakan pula dengan pilu oleh penduduk desa LALONGGOTOMI dan AMBULANU, yang mana desa mereka yg bersisa hanya Atap-atap rumah mereka dan itu pun sudah rumah panggung atau 2 lantainamun terendam hingga atap ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข๏ฟผ๏ฟผ.

Namun lain kisah dari desa BELATU, desa ini tepat berada di ketinggian, hanya 25% rumah yg terendam itupun sebatas lutut orang dewasa, namun kenapa fokus kami terpecah ke desa ini juga??? yaahhh tenyata desa BELATU kini layaknya pulau yg terisolir, daratan itu hanya ada di desa mereka selebihnya hamparan air yg lebih mirip laut membuat desa mereka bagai di pulau terpencil ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข.

Kisah pilu itu tak hanya sampai detik-detik air bah menyerang, ketika bencana datang warga hanya bisa mengharap bantuan, disini sy dapati 1 kepala keluarga lagi, dengan tertatih bapak itu berusaha mencegat kami dan mulai berbisik kepada salah satu tim PRI.

“Pak apa bisa beras 1 untuk saya, daei pagi kami sekeluarga hanya makan 1 bungkus mie instant yg di bagi 8 orang”.

Badan seketika kaku, ku ukur diriku kalo makan mie instant 1 bungks sendiri itupun harus dengan telur atau bahkan ala org indonesia mie di campur nasi, dan bapak ini berkata 1 bungkus mie di bagi 8??? Allahu akbar.. Tak bisa menyembunyikan kesedihan.

Sy dan teman-teman tim PRI berpikir, mungkin tidak hanya 1 kepala keluarga seperti ini, mungkin ada beberapa, bahkan mungkin lumayan banyak dan setelah di tanya secara detail bapak ini di sebuah desa yg berbeda lagi yaitu LALODANGE

Yaa Allah…. Kuatkan kami agar kami bisa selalu memberi dan mendistribusikan bantuan yg telah di titipkan para DONATUR kepada kami Para Relawan Indonesia๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡.

Berjuang Bersama
Bergerak Berbagi
Untuk Kemanusian.

IMG-20190620-WA0070

Saya Erni Azis
Member Para Relawan Indonesia
melaporkan dari Konawe Sulawesi Tenggara๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

Link Video Tim Care & Rescue PRI berbagi di desa terisolir Konawe Sulawesi Tenggaraย  :

Komentar
Loading...