Ultimate magazine theme for WordPress.

Pesantren Bisnis Indonesia membangun Shelter Pengungsi Terpadu Untuk Pengungsi Bencana Palu, Sigi, Donggala

Pesantren Bisnis Indonesia membangun Shelter Pengungsi Terpadu Untuk Pengungsi Bencana Palu

IMG_20181030_172405

Sejak hari kedua pasca terjadinya bencana alam gempa bumi, tsunami dan liquifaksi yang menimpa Palu, Sigi dan Donggala, hingga hari ini Para Relawan Pesantren Bisnis Indonesia (PR PBI) masih membersamai para pengungsi dan warga terdampak bencana. Di masa tanggap darurat, PR PBI ikut mengambil peran dengan mengirimkan relawan dokter untuk membantu tenaga penanganan medis di Rumah Sakit Undata Palu.

Selain memberangkatkan relawannya, PBI juga membuka posko di kota Makassar, Pangkep, Pare-Pare, Pinrang, Polewali, Pasangkayu, Siwa, Belopa, Palopo, Masamba, dan beberapa kabupaten lainnya untuk mengumpulkan donasi dari berbagai pihak. Selama masa darurat bencana, PBI telah menyalurkan secara langsung sebanyak enam truk logistik sembako.

Sepuluh hari pasca bencana, PR PBI mulai mengalihkan fokus bantuan dari tanggap darurat ke tahap pra recovery sosial ekonomi dengan mendirikan Shelter Pengungsi Terpadu yang berlokasi di Kampung Paneki Desa Pombewe Kabupaten Sigi. Shelter Pengungsi Terpadu yang diberi nama Kampung Berkah menaungi sebanyak 120 KK korban bencana. Salah satu tujuan dari Kampung Berkah yang didirikan bersama beberapa komunitas dalam posko bersama peduli Palu, Sigi, Donggala adalah tersedianya logistik untuk pengungsi yang terintegrasi dengan tersedianya fasilitas dan pendampingan berupa edukasi, spiritual dan entrepreneurship kepada pengungsi dan warga terdampak bencana.

IMG_20181028_173750

Sesuai rencana, Penanganan dan pembinaan pengungsi oleh PR PBI bukan hanya bersifat jangka pendek di masa tanggap darurat, Tetapi juga bersifat jangka panjang antara enam bulan hingga satu tahun pasca Bencana. Pembinaan itu meliputi pembinaan Spiritual dengan berbagai kegiataan keagamaan seperti pengajian, tabligh, Qur’anic Trauma Healing, pendirian TPA/TPQ. Pembinaan Edukatif dalam bentuk pendirian sekolah darurat untuk anak-anak, edukasi kepada pengungsi dan warga dalam berbagai macam aspek seperti sadar kesehatan, sadar keamanan, sadar lingkungan. Enterpreneurahip dalam bentuk Pelatihan keterampilan wirausaha kepada para pengungsi dan warga, pendampingan peternakan kambing, pendirian wisata kampung berkah, dan lainnya. Tentu kita berharap kesemua program tersebut bisa menjadi bekal bagi para pengungsi untuk mengembalikan kondisi sosial ekonominya. Dan akhirnya mereka bisa segera bangkit pasca gempa, tsunami dan likuifaksi serta banjir bandang yg menimpa Palu, Sigi dan Donggala.

Komentar
Loading...